Laman

Sabtu, 08 November 2014

Jenis-Jenis Kamera Digital

Dizaman moderen ini banyak sekali hal-hal baru yang bermunculan dan berkembang pesat. Tak luput, salah satunya adalah kamera digital.


kamera digital adalah kamera yang pengambilan gambarnya dengan cara digital dan tepat atau ruang penyimpanannya berupa kartu memori (memory card). Kamera digital memiliki keunggulan dibanding kamera jenis analog. Selain lebih mudah dalam pengoperasianya juga cepat dan praktis. Nah, sekarang ada banyak sekali pembagian kategori kamera digital, baik secara ukuran, bentuk dan fasilitas di dalamnya. Berikut adalah beberapa jenis kamera digital yang kmi ketahui :

1. Kamera Compact Simple Point dan Shoot
Kamera digital jenis ini, seperti namanya 'simple' berarti kemudahan yang ia tawarkan. Kamera ini juga sering disebut kamera saku. Ini merupakan kamera digital yang terendah dan untuk digunakan oleh pemula. Selain mudah dan praktis, harga untu menebus kamera jenis ini juga terbilang murah. Dengan kisaran harga lima ratus ribuan hingga dua jutaan kamu bisa mendapatkanya mulai dari resolusi kamera 5 megapixel hingga 16 megapixel, tergantung merek dan fitur yang ditawarkanya. 

Selain murah, hasil yang ditawarkanya juga terbilang sangat bagus. Namun biasanya mode dalam kamera compact ini adalah mode Auto, sehingga kamu tidak bisa berkreasi lebih. Walau ada fasilitas zoom namun jika kamu menggnakannya terlalu tinggi maka hasil foto akan pecah. Camera ini juga bisa untuk merekam video dengan kualitas bervariasi, mulai dari resolusi VGA (640x480 pixel), resolusi HD (1280x720 pixel) atau mungkin ada yang beresolusi Full HD (1920x1080 pixel) walau sangat jarang.

2. Kamera Compact Standar
Satu level lebih tinggi dari kamera compact simple point dan shoot adalah kamera compact standar.  Masih dapat digolongkan kedalam kamera saku atau Camera Pocet. Namun, kamera jenis ini memiliki desain lebih ergonomis, fitur kamera yang lebih banyak dan sensor kamera yang lebih besar dan berkualitas. Biasanya kamera jenis ini juga sudah memiliki layar LCD touchscreen. 

Fasilitas yang ditawarkanya hampir sama dengan kamera SLR (Single Lens Reflex), walau tidak sepenuhnya sama. Kekuranganya adalah, hampir sama dengan camera compact simple point & shoot, yakni mode yang diterapkan masih mode auto. Jadi kamu tidak dapat berkreasi lebih. Apalagi harga untuk mendapatkan kamera ini tergolong mahal, yakni dibawah 5 jutaan. 

3. Kamera Prosumer
Kamera Prosumer adlah kamer dengan fasilitas yang mendekati kamera DSLR. Namun kamera ini memiliki body yang lebih mini dan ergonomis. Meskipun kamera ini berfaslitas layaknya kamera DSLR, namun hasilnya tidak dapat dibandingkan.  Namun setidaknya kualitas fotonya lebih baik dari kamera compact. 

Kamera jenis ini, dapat dikatakan sebagai kamera Mid-end yang memiliki format pengabadian gambar ataupun video yakni RAW. Tidak hanya itu saja, sensor kamera yang digunakan sangat berkualitas sehingga cocok untuk digunakan dalam kondisi minim cahaya. Belum lagi, mode yang ditawarkan ada auto mode dan manual mode, sehingga kamu bisa berkerasi lebih. Juga, kamera ini dapat dipasangi berbagai macam aksesoris tambahan seperti, Viewfinder hingga Lampu flash (Blitz). Sehingga cocok digunakan untuk fotografer pemula. Harga untuk membeli kamera ini juga tergolong tinggi.

4. Kamera Superzoom Bridge (DZLR)

Kamera ini, desain dan modelnya sudah hampir mirip dengan kamera SLR atau DSLR pada umumnya. DZLR sering digunakan oleh fotograf sebagai kamera cadangan, karena proses pengambilan gambar yang cepat tanpa melakukan proses pengaturan terlebih dahulu. Juga jenis sensor yang digunakan lebih tinggi dan berkualitas daripada kamera prosumer. Serta mampu melakukan zooming lebih jauh dan baik, dengan hasil minim pecah dan noise.

Keunggulanya adalah fasilitas yang mirip dengan kamera DSLR, sehingga fitur-fitur seperti High Speed Recorder, ISO hingga Noise Reduction. Kualitas fotonya juga setingkat lebih baik dari kamera prosumer. Namun, kekuranganya adalah body yang besar sehingga tidak bisa dimasukan kedalam kantong serta lensa yang digunakan tidak dapat diganti-ganti. Harganya juga tergolong mahal.

5. DSLR Consumer (Digital Single Lens Reflex)

Siapa yang tidak tah dengan kamera yang satu ini? YA, Kamera DSLR merupakan kamera yang tengah populer di era kini. Banyak sekali masyarakat menginginkanya. Apalagi sekarang masyarakat kini menyukai fotografi dengan kualitas yang dihasilkan diatas rata-rata kamera standar. Rata-rata, ketika seseorang membeli kamera DSLR baru, maka konsumen akan mendapatkan lensa tambahan atau lensa kit ukuran 18-55 mm yang merupakan kamera standar DSLR.

Fasilitas yang ditawarkan oleh kamera jenis ini, juga lengkap.Mode yang ditawarkan juga beragam, tidak hanya auto mode. Kualitas foto yang dihasilkan juga bagus. Cocok untuk digunakan oleh seorang fotografer. Namun kekuranganya harga yang dipatoknya terbilang tinggi.

6. Kamera Hybird/ Mirrorless

Kamera mirrorless dapat dikatakan kamera baru dan kamera yang tengah naik daun. Kamera satu ini juga dapat dikatakan kamera gabungan antara kamera DSLR, DZLR dan Prosumer. Kenapa? Karena desainya yang lebih compact, fitur sama dengan DZLR maupun DSLR. Banyak aksesoris yang dapat dipasangkan dengan kamera mirrorless ini.

Fitur-fitur mutahir juga terdapat dalam kamera ini, seperti layaknya kamera DSLR. Bahkan ada fitur filter cadangan, sehingga kamu dapat mengeditnya secara langsung tanpa menggunakan filter fisik. Namun harganya  cukup mahal, bahkan ada yang lebih mahal dari kamera DSLR sekalipun.

7. Kamera DSLR Pro

Satu lagi dari keluarga DSLR, yakni DSLR pro atau sering dikenal dengan Kamera Full Frame. Ini merupakan kamera dengan fasilitas terlengkap tidak seperti kamera dibawahnya. Kamera ini juga sering digunakan oleh fotografer profesional. Dengan fasilitas dan fitur yang super lengkap serta hasil yang maksimal, membuat kamera satu ini sangat mahal harganya. Memang kecanggihan dari kamera satu ini tidak bisa ditemukan oleh perangkat lainya. Bahkan saat ini, kamera ini dapat merekam video dengan resolusi 2K (2560x1440 pixel) sampai 4K (3840x2160 pixel) sehingga membuat video lebih jernih dan berkualits.

Nah, uraian diatas merupakan beberapa jenis-jenis kamera digital. Mungkin masih ada banyak lagi yang akan bermunculan di era yang akan datang. Terimakasih telah membaca postingan ini, tunggu artikel berikutnya ya...



1 komentar:

  1. TOKO CAMERA CENTER
    ALAMAT TOKO:MALL RATU PLAZA L1.NO 1 BJL.JEND SUDIRMAN JAKARTA SELATAN
    Cara Order Invite Pin BB:2AD96D7F HP:085229488511
    format nama... alamat... no ktp... kode pos.... tipe barang... no hp/tlp....
    www.cameracenter2015.blogspot.com
    Nikon D3100 - Lensa Kit 18-55mm - 14.2 MP - Hitam Rp 1.750.000
    Nikon D800 Body - 36.3 MP - Hitam + Memori SDHC 8 GB Rp 9.800.000
    Nikon D7000 Lensa Kit 18-105mm - 16.2 MP - Hitam Rp 4.800.000
    Nikon D3200 - Lensa Kit 18-55mm - 24.2 MP - Hitam + Memori SDHC 8 GB Rp 2.100.000
    Nikon D600 Lensa Kit 24-85mm – 24.3 MP – Hitam + Memori SDHC 8 GB Rp 12.000.000
    Canon EOS 7D Lensa Kit 18-135mm – 18 MP – Hitam + CF 4 GB Rp4.150.000
    Canon EOS 1100DC Kit 18-55 Black + Bonus SDHC 8 GB + Tripod Excell Promos Rp.1.750.000
    Canon EOS 600D - Lensa Kit 18 - 55 mm - 18 MP + Memori SDHC Sandisk 8 GB class 4 Rp.2.550.000
    Canon EOS 650D - Lensa Kit 18 - 55 mm IS - 18 MP Rp.3.100.000
    Sony Alpha SLT-A65VK - 24.3 MP - Hitam Rp 4.OOO.000
    Sony SLT-A99V DSLR - 24.3 MP - Hitam Rp.10.800.000
    Sony Alpha SLT-A37M - 16.1 MP - Hitam Rp.3.200.000
    Sony Alpha SLT-A77VQ - 24.3 MP - Hitam Rp.7.200.000

    saya memberikan penawaran khusus kepada para pembeli baru dan pelanggan kami.
    Berikut adalah daftar harga KAMERA, untuk penawaran khusus dari kami dalam program penjualan Online
    berupa beberapa type barang kamera .
    Berikut daftar harga kamera yang saya tawarkan :
    KAMI Melayani Pengiriman Ke seluruh indonesia melalui TIKI/JNE

    BalasHapus